I Am Bali - 3D Interactive Art Museum

11:56 PM

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum


Honestly, I am not a fan of museum. Tapi tergantung museum apa sih ya, tapi biasanya di museum itu kita gak boleh ribut, terus juga kalo berupa barang nanti takut kesenggol, lalu kalo lukisan aku takut dikatain sok ngerti sama yang ngerti. Oh! Ada satu museum yang aku suka, Museum Ullen Sentalu Yogyakarta. Aku gak suka sejarah dan gak suka museum, tapi aku suka banget Museum itu. Not sure why. Sayangnya bukan itu yang mau aku bahas kali ini.

Belakangan ini sangat banyak bermunculan tempat unik-unik seperti 3D Museum atau Trick Museum dan Upside down. Awalnya dulu pengen banget ke 3D Dream Museum Zone (DMZ) di Kuta tapi belum kesampaian karena harganya cukup mahal. Di Bali juga ada Upside Down World. Belum pernah kesana juga, karena masih berpikir. Vini mikirnya kan sampai berbulan-bulan. Maka jadilah suatu ketika saat papaku libur kita pergi ke I Am Bali, 3D Interactive Art Museum yang ada di Renon.

Bajra sandhi renon I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Bajra Sandhi, Renon

Museum ini masih lumayan baru dan harga tiketnya juga lebih terjangkau, Rp. 50.000 per orang. Lalu karena masuk harus pakai kaos kaki, kalo gak pakai atau gak bawa bisa beli disitu juga seharga Rp. 5000 sepasang.

harga tiket masuk I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Harga tiket masuk I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Tempat beli tiket masuk
Nanti sepatunya dititip sama mbak yang jaga di loket, kita dikasih nomor untuk pengambilan. Di daerah sebelum masuk museumnya ada beberapa spot foto dan ada food courtnya juga. Sayangnya kami lebih memilih tipat kuah, jadi aku gak tau ada apa saja di food courtnya. Selain buku besar di atas dan sayap kupu-kupu di bawah, ada juga pensil-pensil besar. Tapi aku gak sempat fotoan disana, aku duduk karena capek jalan. Mungkin faktor umur(?).

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Vini buntek bersayap
I AM BALI, 3D Museum Bali adalah museum 3D terbesar di Indonesia. Terdapat 102 lukisan, 5 optical illusion dan 5 special effect room di museum 3D ini yang merupakan salah satu jenis dari Art Museum. Salah satu dari spesial effect room itu adalah ruangan Upside Down atau Ruang Terbalik. Saat anda berada di ruangan Upside Down ini, maka anda akan menikmati sensasi seolah dunia ini terbalik atau dapat melawan gaya gravitasi. 
Selain Upside Down, di IAM Bali ada juga ruangan Ames Room, Haunted House dan masih banyak lagi lainnya. IAM Bali akan membuat liburan anda dan keluarga istimewa karena di 3D Museum Bali ini anda akan disuguhkan dengan objek foto yang kental dengan budaya Bali juga variatif dengan banyak tema. -- I AM BALI Official Web
Ya, lukisannya banyak banget, tempatnya juga luas. Jadi nanti kita akan jalan terus sampai jalan keluar. Sepanjang jalan itulah lukisan-lukisannya berada. Tempat ambil fotonya sudah di tandai, berbentuk sepasang kaki kecil mengarah ke arah lukisan pasangannya. Jadi yang mengambil foto harus berdiri di tempat tersebut agar hasilnya terlihat nyata. Di dekat lukisannya juga ada contoh berpose untuk foto dalam bingkai kecil. Kalo masih kurang mengerti, I Am Bali - 3D Interactive Art Museum juga punya banyak usher yang bersedia membantu kok. Bahkan beberapa diantaranya ada yang menawarkan untuk mengambil foto kami.

So, ini dia beberapa lukisan yang ada di I Am Bali - 3D Interactive Art Museum.

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
I am a beastmaster!

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Ikutan angkat ogoh-ogoh
Beberapa lukisan awal itu nuansanya lebih ke alam dan lukisan yang Bali banget. Setelahnya ada lukisan yang cuma diatas saja (gak sampai lantai). Ini tipe lukisan yang aku suka sih, soalnya fotonya jadi bagus karena kaos kakinya gak keliatan. Lumayan banyak lukisan yang tipe seperti ini, satu lorong.

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Wataaw~
'Hmm this chess piece is too big for the board'

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Date me or die!

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Hai!

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
I'm flyiiin

Setelah lukisan-lukisan bergambar lukisan *apa ini*, ada banyak lukisan karakter-karakter animasi terkenal! I was like 'This is my world, take a good shoot of me, dad'. 


What an expression
I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Kepala ._.

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Calm enough to wait

Setelah lumayan banyak lukisan, barulah mulai ada upside down dan Ames Room. Buat yang belum tau, Ames Room itu ruangan yang bisa bikin manusia terlihat kecil dan terlihat besar di satu ruangan yang sama, semacam optical illusion gitu.

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Salah satu upside down di I Am Bali - 3D Interactive Art Museum

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Masih di ruangan yang sama

I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Salah satu Ames Room

Dipertengahan jalan(?), ada Haunted House or should i say Haunted Room? Please tell me why there is a Haunted House on I Am Bali - 3D Interactive Art Museum? WHYYYYYY. Well, dengan agak sedikit terpaksa aku sempat masuk, tapi gak fotoan karena sudah takut duluan dan gelap. Nanti yang ada bukan mukaku yang keliatan. You should try to go there. Kalo dipikir-pikir isinya suara-suara creepy dan gambar-gambar glow in the dark yang juga creepy di tembok. Lalu ada orang. Entah itu hantu yang bertugas atau itu mas-mas usher baik hati yang mau fotoin kami di dalam Haunted House itu. Cuma Tuhan yang tau.

Oke, kalo kamu sudah melewati Haunted House itu artinya sudah dekat pintu keluar, tinggal tersisa belasan lukisan menuju pintu keluar. Buat yang cepat capek, pasti senang liat pintu keluar, seperti aku saat itu. Tentu saja, sebelum kamu benar-benar diizinkan(?) keluar, pasti ada toko oleh-oleh.


I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Toko oleh-oleh
 So now I will state what I like and dislike about I Am Bali - 3D Interactive Art Museum.

Like:
- Untuk ukuran HTM Rp. 50.000, lukisannya ada banyak dan sangat bervariasi, ditambah lagi Upside Down, Ames Room, dan Haunted Housenya (aku gak suka Haunted House, tapi mungkin kalian suka)
- Ushernya ramah dan mau membantu atau menawarkan bantuan (well, harusnya ini wajar sih)
- Serunya kalo datang beramai-ramai
- Walaupun jarak antara satu lukisan dengan lainnya sangat dekat, tapi gak usah khawatir bakal tabrakan(?) sama orang lain yang sedang mengambil foto juga

Dislike:
- Harus pakai kaos kaki, untuk beberapa lukisan yang sampai lantai kalo di foto jadi keliatan (tapi aku mengerti alasannya sih, supaya gak kotor kan, jadi sebenarnya gak dislike-dislike amat)
- Indoor (Please deh vin ini kan museum), kalo ambil foto cuma modal kamera handphone agak susah dapat foto yang bagus
- Panas. Gak tau kenapa, mungkin vini banyak dosa
- Mungkin cuma perasaanku, tapi beberapa spot untuk mengambil foto (gambar sepasang kaki) seperti kurang cocok, jadi tetap harus agak maju atau mundur cantik supaya pas fotonya

So, despite of everything on my dislike list, Aku tetap akan merekomendasikan tempat ini untuk kalian kunjungi. Beberapa saran dariku:
  • Datanglah minimal bertiga, biar seru
  • Bawa kamera yang bagus untuk dalam ruangan, mungkin ada beberapa kamera handphone yang bagus, tapi gak yakin juga sih. Dan ajak orang yang pintar mengambil foto
  • Ingat makan dan minum(?) sebelum kesini. Kalian akan jalan, loncat, tiduran, dan senyum, itu semua perlu tenaga, apalagi yang terakhir
  • Kalo gak mau bayar Rp. 5000 untuk kaos kaki, ingat bawa kaos kaki dari rumah
Okay, you are ready to go! Setelah datang dari sana ingat cerita ke aku tentang pengalaman kalian ya! Untuk yang sudah pernah ke I Am Bali - 3D Interactive Art Museum juga boleh ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar, I would love to hear that ^^


I Am Bali - 3D Interactive Art Museum
Thank you for reading!

You Might Also Like

12 comments

  1. Wah Vini tinggal di Bali ya? Aku lebih tertarik yang upside down-nya, terlihat lebih seru foto-fotonya :D btw aku juga suka banget Museum Ullen Sentalu, pengin balik lagi kesana tiap ke Jogja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku tinggal di bali XD Iya, sebenernya pengen kesana juga tapi belum sempat *soksibuk*
      Aku cuma pernah ke museum ullen sentalu sekali, tapi masih amazed sama museumnya, keren banget :D

      Delete
  2. Keren!
    Sayangnya disini belum ada. Mungkin bakal rajin berkunjung ke museum kalau museumnya seperti ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga disana segera ada ya, des ^^
      Iya asik banget, tapi untuk rajin kesana sih tergantung isi dompet hihi

      Delete
  3. Seru bangeeeeet! Fotonya keren-keren ih, tapi kok pada ga terbit di instagram sih sist? *kepo* Pengen coba ah kesanaaa.. AKu seneng tour de museum soalnyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya agak blur kak *polos* iya kak bia harus coba kesana, murah loh ukuran tempat dibali, tempat ini yang gak suka museum juga bisa suka kak XD

      Delete
  4. keren, ah bali jadi mau ek sana lagi

    ReplyDelete
  5. Ajak yang pintar ambil foto. *terpanggil

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  6. ini di lapangan renon dalemnya menara ituu viin ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, disebelah kanannya shan. kalo kemarin ada kok mas2 yang nunjukin museumnya dimana

      Delete

Popular Posts

Find Me!