How I Make My Super-Dry-Hair Looks Less Dry

10:51 PM

How I Make My Super-Dry-Hair Looks Less Dry
The title doesn't look convincing, ya? Tapi kali ini, aku memang mau cerita caraku membuat rambut aku yang super kering jadi keliatan gak begitu kering. Kenapa aku sebut less dry disini? Karena rambutku gak akan bisa jadi (terlihat) selembut model iklan shampoo, tapi kalo dipegang sih lembut *kibas rambut*

Let me tell you about my hair condition first. Jadi, waktu masih lucu kecil dulu, rambutku itu sebenarnya tipe rambut yang lurus dan jatuh seperti iklan shampoo. Tapi entah kenapa semenjak SD atau SMP gitu, rambutnya jadi kering dan ikal TT Nanti kalo fotonya ketemu aku taruh disini deh. Terus ya, sudah dasarnya rambut kering, pakai di lurusin segala. Aku sering mengerikan rambut menggunakan hair dryer juga dulu. Setelah kuliah, sudah bebas, kerjanya cat rambut mulu. Ya gitu... kalian pasti tau perasaan(?) rambutku dibegini-begitukan tapi kurang dirawat.

Setelah lulus kuliah, aku baru conscious terhadap penampilanku. Gak waktu lulus banget sih, tahun terakhir kuliah tepatnya. Iya, telat banget ya. Baru mulai maskerin rambut, kadang ke salon kadang sendiri saja. Tapi sayangnya karena rambut sempat di bleaching dan merawatnya telat, tetap saja rambutku seperti sapu ijuk saking keringnya. Long story short, bagian yang di bleach sudah habis dipotong dan sekarang rambutnya sudah rambut asli(?) semua jadi urusnya lebih gampang. Maafin ya, Vini suka banget cerita.

Ok, sekarang aku akan menyebutkan hair care-ku dan kegunaannya.

  • Minyak Kelapa

How I Make My Super-Dry-Hair Looks Less Dry
Minyak Kelapa
Setelah mamaku melihat rambut yang seperti sapu ijuk itu, mamaku panik. Dan dia sudah menyiapkan rencana(?) harus diapakan saja rambutku supaya gak terlihat alay. Salah satunya menggunakan minyak kelapa. Jadi minyak kelapanya dioleskan(?) ke rambut, dari akar sampai ujung rambut lalu diamkan semalaman. Kalo aku biasanya pakai minyak kelapa malam-malam, lalu rambutku aku bungkus menggunakan shower cap dan dibawa tidur. Besok paginya tinggal keramas deh. Untuk mengatasi aroma minyaknya yang minyak kelapa banget *iyalah, vin*, mamaku mengrebus minyak kelapa dan bunga cempaka. Selesai itu tinggal ditaruh ke toples atau spray bottle. Wanginya jadi wangi bunga cempaka, walaupun gak bisa sepenuhnya menghilangkan bau minyak kelapanya tapi mendinganlah. Si minyak kelapa ini kalo kata orang-orang jaman dulu, manfaatnya bisa melembutkan rambut, mengatasi rambut rontok dan mencegah uban. Kecuali mencegah uban, minyak kelapa ini memang benar melembutkan rambutku dan mengurangi rambut rontok. Pakainya minyak kelapa asli ya, jangan yang sudah dicampur. Aku biasanya pakai setiap sebelum keramas kalo gak lupa. Kalo lupa sih tetap dipakai sebelum keramas juga, cuma dipakainya seminggu sekali. Atau kurang ._.

  • Shampoo-Conditioner

How I Make My Super-Dry-Hair Looks Less Dry
Sunsilk Soft & Smooth
Cari shampoo itu mirip-mirip dikit sama cari pacar. Saat aku menemukan shampoo yang bisa membuat rambutku gak rontok, hasilnya kurang lembut. Giliran menemukan yang bisa melembutkan, jadi ketombean. Mau pakai shampoo anti ketombe, rambut kering banget. Gak ada yang sempurna, memang kita harus memilih lebih nyaman sama yang mana *eh*. Beberapa bulan lalu itu aku dapat Sunsilk Soft and Smooth yang 70ml dari Home Tester Club ID. Suka banget sih sama hasil lembut yang dihasilkan, rambutku yang super frizzy bisa jatuh(?). Sayangnya pakai shampoo dan conditioner Sunsilk Soft and Smooth ini bikin kepalaku lebih cepat gatal, jadi keramasnya bisa 2 hari sekali (ketauan banget vini malas keramas). Walaupun begitu sampai sekarang aku masih suka pakai ini, sudah repurchase juga tapi anehnya aku gak pernah liat conditioner yang 140ml, jadi kemarin aku beli shampoo 140ml satu dan conditioner 70ml dua botol deh.

  • Masker Rambut

How I Make My Super-Dry-Hair Looks Less Dry
Good Hair Mask
Ini juga penting, gaes. Dulu aku pikir conditioner itu cukup tapi ternyata gak juga. Tergantung conditionernya juga, kalo menggunakan conditioner Sunsilk Soft and Smooth itu sebenarnya sudah cukup lembut, tapi demi memaksimalkan hasil yang selembut sutra aku juga pakai hair mask. Aku pernah coba beberapa merek hair mask dan aku berani bilang harga gak selalu menjamin hasilnya. Dulu pernah pakai hair mask sachet pink yang harganya 6-7ribuan (lupa apa namanya), itu hasilnya melembutkan juga, tapi sayang satu sachet terlalu sedikit buat rambutku jadi aku berhenti beli. Setelah aku tinggal di rumah lagi, aku memutuskan untuk coba Good Hair Mask and well, aku sudah repurchase berkali-kali karena aku merasa cocok(?). Aku juga pernah menulis reviewnya kok!

  • Vitamin Rambut

Vitamin rambut termasuk hal paling penting setelah conditioner dan hair mask untuk mengatasi rambut kering. Tapi, ingat pilih yang untuk rambut kering. Dulu aku suka ambil-ambil saja kalo beli vitamin rambut, lalu mengeluh kenapa gak mempan. Iyalah, vin, baca dulu makanya. Sekarang aku lagi suka pakai Lucido-L Triple Beauty Vitamin Oil for dry hair. Yang warna kuning ya. Sebelumnya aku biasa pakai yang pink, lalu karena waktu itu gak ada yang pink jadi kuambil yang kuning. Setelah itu baru merasakan lebih halus pakai yang kuning dibandingkan yang pink. Dan baru dibaca... Iyalah, vin bagusan *jedukin pala ke tembok*. Harganya murah kok ini, yang pump sekitar Rp35.000.

  • Heat Protector

How I Make My Super-Dry-Hair Looks Less Dry
Lucidol Heat Protection
Ini... mungkin cuma sugesti sih ya. Sampai sekarang aku masih ragu-ragu apakah heat protector ini ada efeknya atau gak. Tapi kalo habis aku tetap beli *plak*. Dulu aku pakai heat protectornya Tresmme keratin yang merah itu, tapi semenjak balik ke bali aku gak ngerti kenapa gak ada yang jual. Sudah ku daki gunung lewati lembah cari dari minimarket sampai supermarket, toko obat sampai toko bangunan, gak ada yang jual. Padahal waktu di cikarang dulu gampang dapatnya. Padahal lebih kota disini dibanding disana. Ya namanya jodoh memang gak bisa dipaksakan :( Nah, terus pada suatu ketika aku sedang jalan-jalan(?) di supermarket, aku melihat produk Lucido-L baru ini. Aku baru tau Lucidol punya heat protection. Ada dua, untuk yang straight dan curly. Aku belum coba yang curly jadi gak tau bedanya apa. Pakai Lucidol Heat Protection ini enak sih, bikin rambut basah sebelum di catok *dilempar sandal*. Wanginya aku suka, jadi rambutku gak bau-bau gosong gitu waktu catokan karena Lucidol ini wangi banget. Memang lebih bagus hasil kalo pakai Heat Protection sebelum catokan sih dibandingkan kalo gak pakai.

Sekian rangkaian hair careku demi membuat rambutku lembut waktu dielus pacar terlihat selembut model di iklan shampoo. Kalo hair care kalian bagaimana? Share dikolom komentar ya, siapa tau kita bisa bertukar informasi tentang treatment untuk rambut kering TT

You Might Also Like

2 comments

  1. Good hair mask itu bagus yak Vinn?? Selama ini cuma di lewatin ajah sama aku. wkwk,,

    Lia,
    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. di aku bagus loh kak. Ini masker udah berbulan-bulan repurchase terus hahaha cobain deh

      Delete

Popular Posts

Find Me!