Ngopi Cantik Bareng Beautiesquad - Beautiesquad 101

11/27/2017 03:34:00 AM


As you know, aku tergabung dalam beberapa komunitas blogger, salah satunya Beautiesquad. Kalo kalian pernah dengar, Beautiesquad adalah komunitas Beauty Blogger yang anggotanya berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Dalam rangka Beautiesquad First Anniversary, topik Ngopi Cantik Beautiesquad bulan ini adalah Beautiesquad 101. 


Beautiesquad 101 ini membahas tentang inside out komunitas Beautiesquad seperti visi dan misi, program kerja, kepengurusan, dan lain-lain yang akan dibawakan oleh Kak Vina Eska, selaku mantan Public Relation Supervisor yang sekarang menjabat(?) sebagai Chief Officer Beautiesquad.

Jadi bagaimana ceritanya Beautiesquad bisa terbentuk? November tahun lalu, founder Beautiesquad yaitu Kak Virly, Kak Nisa, dan Kak Liana ingin membuat sebuah group chat untuk beauty blogger. Awalnya didirikan dengan nama Beauties, namun diganti menjadi Beautiesquad. Sebelum Beautiesquad menjadi komunitas blogger, mereka menerima semua orang, termasuk beauty enthusiast yang bukan blogger. Tanggal 23 November 2016 merupakan hari dimana Make Up Collab pertama BS dan juga ditetapkannya adanya komunitas Beautiesquad ini.

Brand yang pertama kali bekerja sama dengan BS adalah Inez Cosmetics. Setelah itu banyak yang mendengar BS dan ingin bergabung. Pengurus BS memutuskan untuk memiliki FB group untuk tempat para Beauty Blogger lainnya agar bisa sama-sama berkembang. Jika kalian bergabung dengan BS, kalian pasti sudah tau 'kan BS memiliki grup FB dan grup Whatsapp? BS mulai gencar bekerjasama dengan brand lain. Tidak hanya memberikan kesempatan kepada member inti (Whatsapp) tetapi juga member FB untuk mendapatkan sponsor. BS membuat banyak program seperti Ngopi Cantik dan Collab secara rutin dengan tujuan mengarahkan member FB agar sesuai standar blogger dan BS. 

Selanjutnya adalah Visi dan Misi Beautiesquad, yaitu:
Visi :
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia 
2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi :
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).

Pada Ngopi Cantik kali ini, kami diberitahu tentang reshuffle kepengurusan Beautiesquad. Hasilnya seperti berikut:



Rapi banget 'kan yaaa officernya BS. Selanjutnya tentang program-program BS. Seperti yang sudah disebutkan diatas, BS memiliki program yang sudah berjalan secara kontinyu, yaitu Make Up Collaboration, Sponsored Review, dan Ngopi Cantik. Kedepannya BS akan mengoptimalkan media sosial untuk dijadikan wadah berkembang bersama. Jadi BS memiliki rencana untuk membuat ngopi cantik versi mini di Instagram setiap minggunya (yang sudah mulai berjalan).

Daaaan section yang paling ditunggu-tunggu semua orang, yaitu bagaimana caranya bergabung menjadi member BS? Diatas sudah aku sebutkan bahwa BS ini terdiri dari dua grup yaitu grup FB dan grup Whatsapp. Grup Whatsapp adalah member inti BS sedangkan grup FB adalah blogger-blogger yang akan diseleksi nantinya untuk bisa menjadi member inti. Cara menjadi member Beautiesquad:

1. Punya blog
Ini komunitas beauty blogger. Tentu saja syarat utamanya memiliki blog dan ada topik beauty-nya. Selain itu juga dilihat dari kerapian, foto, template menarik dan menulis sesuai SEO.

2. Sudah memiliki Top Level Domain
Peraturan ini baru saja disahkan. Karena nantinya BS berencana untuk bekerja sama dalam bentuk paid sponsored, maka TLD ini akan sangat diutamakan.

3. Minimal menulis tentang beauty 2 kali dalam sebulan

4. Disiplin dan memiliki attitude yang baik 
Disiplin disini contohnya dalam pengumpulan foto collab atau blogpost, tidak boleh melewati deadline. Kecuali ada hal yang sangat darurat, ada baiknya minta izin dulu ke penanggungjawab.

5. Memiliki Instagram, Fanpage (FB) dan Twitter
Standar BS adalah, untuk Instagram minimal 500 followers, sedangkan untuk twitter minimal 100 followers.

6. Aktif

7. Rajin mengikuti collab

8. Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder
Yang terakhir ini, in case kamu sudah mengikuti semua hal diatas tapi belum terpilih. Bisa saja ada hal yang terlewatkan, contohnya attitude-nya kurang, masih suka telat, tulisannya masih alay atau followernya beli.

Gimana, seru kan topiknya? BS mengadakan Ngopi Cantik setiap bulan kok dan jangan khawatir kalo gak bisa ikutan, bisa coba ikut yang bulan depan XD Follow instagram mereka supaya update deh!

Oh iya, dalam rangka First Anniversary-nya Beautiesquad mengadakan giveaway di instagram mereka selama sebulan. Giveaway minggu ini hadiahnya dari Nihonmart lho! Kalian sudah join? ^^

You Might Also Like

2 comments

  1. Kok aku gak di mention ? Aku kok gak didoain dapet jodoh?


    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah tuh. di doain juga kakak yang nolak kalo ada yang dateng :p

      Delete

Hi! If you have any question, suggestion or just want to say hi to me, please leave it in comment box. I will definitely comment back in your blog ^^