[Jalan-Jalan] Taman Nusa - Keliling Indonesia Hanya Dalam Beberapa Jam

10:38 PM

Jadi ceritanya pada suatu ketika Vini lagi gak punya tempat untuk main saat weekend. Lalu liat-liat lah destinasi wisata yang ada di Bali yang belum pernah aku kunjungi. Ternyata ada banyak *bikin list*. Dan aku memutuskan untuk ke Taman Nusa yang berada di Gianyar. Sama temen-temen sih kesananya, supaya ada yang fotoin juga. Liat di foto orang-orang kayanya tempatnya seru gitu. Di Taman Nusa ini kita kelilingnya jalan kaki. Kurang tau sih kalo bisa atau tidak pakai mobil yang kaya mobil golf itu (aku gak tau namanya).

Taman Nusa ini bukanya dari jam 9.00-17.00 WITA. Karena kami wanita yang takut panas, kami kesananya pagi. Sampai disana jam 10 kurang, tapi sayangnya kami sempat diam di mobil selama beberapa lama karena disana ternyata hujan. Iya, hujan, sedangkan perlengkapan kita perlengkapan untuk panas (topi). Saat hujannya sudah reda, kami keluar dari mobil dan beli tiket di lobby. Harga tiket masuk untuk dewasa Rp 80.000. Beruntung lah untuk kalian yang punya KTP Bali, sesekali di instagram Taman Nusa ngadain promo, harganya jadi Rp 60.000.

Tiket Masuk
Setelah membayar, kita akan dikasih tiketnya dan peta. Iya, peta. Setelah liat peta aku baru sadar Taman Nusa itu luas sekali. Jadi nanti saat dikasi peta kita dikasi tau juga sama mbaknya kita dimana dan jalannya lewat mana. Waktu itu sebenernya akan ada tarian penyambutan di alun-alun, sayangnya kami disuruh menunggu 20 menit (kalo gak salah) karena penarinya masih siap-siap. Tapi kami jadinya jalan terus, karena takut matahari keburu di atas (padahal masih gerimis). Saat masuk kami masing-masing dipinjamkan payung. Jadi terharu. Katanya nanti kalo sudah gak hujan, boleh di taruh aja di rumah-rumah yang ada.

Aku peta. Aku peta.
Awalnya di mulai dari jaman batu. Keren sih, kita ngelewatin Goa dan gelap banget. Syukur pendek. Seram suasananya menurutku, ditambah bunyi-bunyian hewan jaman dulu dari speaker. 

Masuk gak ya?
Setelah itu masuk ke Kingdom Age. Disini juga ada Candi Borobudur mini lho!

Candi Borobudur XD
Setelah itu dimulai lah perjalanan kami dari Papua sampai Jawa hanya beberapa jam. Karena Vini lupa rumah apa yang mana jadi langsung foto-fotonya aja ya XD




Model jendela kesukaan

Aku inget, di daerah Sulawesi ada bapak guide yang ramah. Kami di sapa dan dijelasin tentang rumah-rumah Sulawesi. Bahkan bapaknya nawarin untuk fotoin kami bertiga. Makasi banyak ya bapak! Semoga sehat selalu walaupun kena sinar matahari terus.

Di fotoin bapak guide yang ramah




Tetanggaan (?)



Gate of Sumpah Pemuda



A post shared by Vini 🐰🐰 (@viniamanda) on


Traditional Puppet Museum 

Dan masih banyak lagi. Disini juga banyak yang mainin alat musik tradisional loh. Jadi waktu kita jalan-jalan di temenin sama musik-musik tradisional jadi seru. Di beberapa tempat juga menyediakan baju adat daerah itu yang bisa kalian coba. Ada yang ngebatik juga. Bikin tenun. Taman Nusa ini bener-bener keren banget deh. Harga tiket Rp 80.000 itu worth it banget deh untuk jalan-jalan di Taman Nusa.

Tapi ya ada beberapa tempat yang ada di peta tapi gak bisa dikunjungi. Yang aku inget Maze dan Diorama Kereta Api nya. Sepertinya masih dalam proses, jadi di ruangan itu kosong. Untuk Maze, ada sih tapi gak yakin juga kita boleh kesana atau tidak soalnya yang aku liat udah kaya hutan rimba ._. Kan serem nanti kalo ada ular atau apa. Padahal aku udah excited banget liat di peta ada Maze nya.

Oh iya. Sekedar saran untuk yang pertama kali mau kesana, persiapkan payung atau topi supaya gak kena sinar matahari langsung. Berpakaian yang nyaman. Gak apa-apa kok kalo mau pakai dress asal nyaman aja. Tidak disarankan pakai heels *plak* jalannya sangat lumayan jauh lho. Lalu di beberapa rumah ada yang harus lepas alas kaki, jadi pakai alas kaki yang gampang di lepas kalo mau masuk ke rumah tersebut. Bawa minum. Aku menyesal ninggalin botol airku di mobil. Walaupun di beberapa tempat ada Restorannya, tapi tetep aku saranin bawa air sih, biar bisa di minum kalo belum ketemu sama restorannya. Yang terakhir, siapkan tenaga. Kalo gak salah, kami jalan-jalan di Taman Nusa dari jam 11 sampai jam 3. Itu sudah foto-foto sampai capek dan istirahat beberapa kali. Semoga terbayang jauhnya ya.

Aku recommend banget buat kalian yang akan main ke Bali untuk singgah(?) ke Taman Nusa. Atau yang tinggal di Bali tapi belum pernah kesini. Aku pribadi sih merasa ini worth harga tiketnya. Buat kalian yang udah pernah ke Taman Nusa gimana?

See you on the next post!

You Might Also Like

4 comments

  1. Temennya kok di mention, pinik? *polos

    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak di mention maksudnya? hahaha nanti aku mention beserta linknya :D

      Delete
  2. Yang gua itu yang paling keren. Asyik juga ya, wisata yg cukup unik di Bali.

    ReplyDelete

Popular Posts

Find Me!